Jumat, 24 Agustus 2012

Moder Pentathlon 2012 is the best



Svoboda dan Asadauskaitė Dua Atlet Sejati Olimpiade London 2012
Ditulis Oleh : Chaeruman Setia Nugraha  diunduh 25 Agt 2012 , Pukul 11.00



 
David Svoboda (Republik Ceska) dan Laura Asadauskaitė-Zadneprovskienė (Lithuania)



Banyak pengamat menilai atlet terbaik Olimpiade London 2012 adalah Usain Bolt, Michael Phelps, Missy Franklin, Mohammed Farah atau Ryan Lochte yang dengan gagahnya mampu menyabet lebih dari 1 medali emas dalam satu keikutsertaannya di Olimpiade, Usain Bolt bahkan mampu membantu Team Jamaika memecahkan rekor dunia lari estafet 4 x 100M. Namun ada sedikit fakta menarik tentang dua atlet  asal Republik Ceska dan Lithuania yakni David Svoboda dan Laura Asadauskaitė-Zadneprovskienė.
Terlalu dini memang untuk menilai kiprah kedua atlet tersebut, karena nama mereka memang sangat asing di telinga mayoritas pencinta olahraga. Namun ada hal yang membuat kita berdecak kagum dengan kiprah kedua atlet tersebut, yakni karena mereka berhasil meraih medali emas dari cabang olah raga moden pentathlon.
Modern pentathlon adalah cabang olahraga yang mengabungkan Lima event olahraga yakni : Anggar, Menembak, Renang Gaya Bebas 200 M, Berkuda, dan Lari Cross Country 3 KM. Atlet cabang olahraga ini diwajibkan menguasai ke lima event tersebut, tidak mudah memang namun nyatanya David Svoboda dan Laura Asadauskaitė-Zadneprovskienė mampu merebut medali emas dari cabang olahraga tersebut.
Dapat dibayangkan langkah kemenangan untuk David Svoboda dan Laura Asadauskaitė-Zadneprovskienė sangat tidak mudah karena mereka harus berkompetisi hampir satu hari penuh dengan event yang berbeda dan dapat dikatakan sangat bertolak belakang.
Dapat anda bayangkan pagi hari mereka harus bertanding anggar, dilanjutkan di siang hari mereka harus berbasah-basahan di kolam renang untuk kemudian mereka pergi ke arena berkuda. Lomba belum selesai karena mereka harus meningkatkan konsentrasi mereka di cabang menembak untuk kemudian terakhir mempersiapkan tenaga untuk lomba lari 3 KM cross country.
Sangat melelahkan memang namun itu menjadi kredit tersendiri bagi Svoboda dan Asadauskaitė-Zadneprovskienė karena mereka berhasil menggaet satu medali emas dari 5 cabang olahraga yang berbeda dan dapat dikatakan bertolak belakang. Bahkan seorang Usain Bolt atau Ryan Lochte pun dapat dikatakan belum mampu menguasai cabang olahraga lain diluar atletik dan renang.
Memang jumlah medali yang diraih Svoboda dan Asadauskaitė-Zadneprovskienė hanya berjumlah satu keping emas, kalah mentereng dari Michael Phelps dan Missy Franklin yang menyumbang masing masing 4 medali emas untuk Amerika atau Usain Bolt yang berhasil menyabet 3 Medali Emas untu Jamaika, namun kredit harus kita sematkan pada Svoboda dan Asadauskaitė-Zadneprovskienė karena mereka berhasil meraih satu medali emas dari 5 cabang olahraga yakni : Anggar, Menembak, Renang Gaya Bebas 200 M, Berkuda, dan Lari Cross Country 3 KM.
untuk itu tidak ada salahnya apabila titel “Atlet Sejati Olimpiade London 2012″ layak kita sematkan kepada dua Local Hero asal Republik Ceska dan Lithuania David Svoboda dan Laura Asadauskaitė-Zadneprovskienė. karena mereka adalah “Raja dan Ratu” untuk Lima Cabang Olahraga.